Jumat, 06 September 2013

Observasi

Kuliah kerja Nyata adalah mata kuliah intrakulikuler berbentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat dan mencakup seluruh catur dharma Universitas Islam Indonesia pada aspek pendidikan dan pengajaran, penilitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiyah yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner dan lintas sektoral.
Pelaksanaan observasi di Dusun Wates, Kaliglagah, kecamatan Loano, Purworejo, Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2013 sampai dengan 21 Juli 2013.
Selain menggunakan metode observasi yaitu pengamatan keadaan dan lingkungan Padukuhan Wates, penulis juga melakukan wawancara kepada sejumlah tokoh masyarakat. Hal tersebut dilakukan guna memperoleh informasi yang lengkap agar dalam pembuatan program kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat terealisasikan dan mengena pada masyarakat sasaran.
 Berdasarkan survey dan observasi yang penulis lakukan diperoleh gambaran mengenai kekurangan dan kelebihan dusun Wates. Oleh karenanya, sebagai wujud kepedulian dan pemecahan masalah yang ada maka penulis ingin memberdayakan beberapa aspek yang masih kurang dan perlu dicermati, yakni peningkatan pengetahuan dan pendidikan yang harus ditambah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar